Rahasia Buta Hurufnya Rasulullah

on Rabu, 18 Maret 2009

Meski agak lambat, saya merepson peringatan Maulid (kelahiran) nabi Muhammad, 12 Rabiul Awwal lalu dengan mencoba mengingat nilai-nilai istimewa Muhammad. Muhammad dikatakan sebagai orang yang sempurna, meski dia manusia yang punya kecenderungan berbuat salah, tapi salahnya Muhammad sudah diampuni, sebelum kesalahan itu datang...(?). Satu hal yang bagi saya masih belum paham, kenapa Allah menicptakan Muhammad sebagai pribadi yang buta huruf...ya...Rasulullah adalah seorang buta huruf, Rasulullah tidak dapat membaca, sehingga ketika Al Quran pertama turun ia benar-benar bingung ketika Jibril menyuruh membaca (Iqra) , dan kemudian dalam surat-suratnya Alqur'an adalah wahyu yang menempatkan ilmu sebagai basis seorang muslim, dan itu bisa dilakukan dengan membaca.

Tapi...sebagian besar umat Muslim tidak peduli dengan kondisi itu. Karena kepribadian dan lompatan revolusinya melampaui jauh dari kelemahan ini, bahkan melampaui prestasi seluruh manusia sepanjang zaman.

Soal buta hurufnya rasulullah ini, jelas bukan suatu ketidak sengajaan, atau bahkan kelalaian Allah. pasti ada rahasia besar didalamnya. Namun jika pernyataan itu dicerna lebih dalam, muncul pertanyaan besar atau malah beban besar.  Sebagai awam...kita pasti malu jika diketahui pimpinan atau panutan kita..ya katakanlah ayah kita buta huruf, bahkan kadang harus berbohong untuk menutupi kebutahurufan itu. Tapi pakah kita (sebagai muslim) merasa malu dengan rasul kita yang buta huruf ini? Kalo saya pribadi TIDAK MALU. Kenapa? ya itu tadi keteladanan yang dapat ditiru dn lompatan revolusinya yang jauh melampaui dari sekedear tidak bisa baca huruf. Kemampuan membaca (keadaan, masa depan, situasi dll) beliau jauh lebih kuat daripada yang memiliki kemampuan baca, ahli bahasa, pakar, ahli nujum dan siapapundi jamannya. Itulah sosok uswatun hasanah (teladan dalamkebaikan) semua ummat manusia, diidolakan milyaran orang, bukan aja muslim tapi melampaui batas agama dan geografis, ditunggu syafaatnya di Hari Akhir (Yaum addin) .  Jadi inilah...mengapa, relatif tidak ada yang menjadikan ini sebagai sebuah kekurangan, termasuk oleh musuh-musuh Islam. Bahkan menurutku, buta huruf ini dapat ditampilkan sebagai mukjizat. Mukjizat yang menunjukkan Muhammad benar-benar Nabi yang diutus Allah SWT. Dalam penalaran awam, tidak mungkin seorang yang buta huruf mampu menghasilkan karya tulis yang sangat indah. Pasti karya itu Sang Maha Pencipta. Dalam pandangan lain, justru kebutahurufan beliau adalah suatu contoh terbaik bagi kita, agarsebagai muslim, sebagai ilmuwan kita jangan terpaku kepada tanda-tanda huruf  yang tampah di mata, di buku (tersurat), tapi tanda-tanda (huruf) yang tersirat jauh lebih kompleks, lebih banyak. Dan ini bisa dibaca dengan sangat terang, berkat hidayah Allah oleh Rasulullah. Jadi buta huruf bagi rasulullah bukalah kelemahan dan aib yang harus ditutupi.

Toh kelemahan ini tidak menghambat kinerja beliau sebagai Rasul, pemimpin dan kepala nagara. Dalam historinya, karena beliau tidak mampu baca tulis, beliau mengangkat beberapa orang sahabat sebagai juri tulis, sehingga jejak beliau cukup terdokumentasi dengan sangat baik, termasuk yang sangat istimewa adalah Al Qur'an dan Hadits dan juga rekam jejak pemerintahan, seperti Piagam Madinah yang sangat terkenal itu.

Selamat Ulang Tahun ya nabi ya Muhammad. Rindu kami padamu Ya Rasulullah

1 komentar:

zimah77 mengatakan...

Assalamualaikum.....Rasulullah adalah superman.Kalau sekarang masih hidup,sy ingin mengabdikan diri sepanjang hidup saya.

Posting Komentar